Cara Install Dan Mod FF7 PC


Final Fantasy VII PC Petunjuk 
Instalasi FFVII PC dan Mods

Catatan Sebelum Instalasi : 
  • HARUS pilih maximum installation jika ingin menggunakan mods. 
  • Jangan install DirectX and Directshow components yang ada dari game FFVII PC (use latestDirectX). 
  • Gunakan patch resmi terbaru dari Eidos patch v1.02 untuk menggunakan mods 
  • Disarankan membersihkan codec yang berantakan untuk menghindari masalah saat FMV(blank screen, upside down, cosmo canyon freeze or Junon cannon FMVs). Lihat bagian TrueMotion codec
  •  Ikuti URUTAN di petunjuk ini untuk menghindari masalah incompatible.
  • Beberapa mods masih dalam tahap pengembangan (beta) sehingga masih ada beberapa kekurangan.
  • Setelah menginstall original game (tanpa patch dan mods), simpan file world_us.lgp (ada di game direktori\data\wm) sebagai backup file. Gunakan file ini saat event Diamond Weapon(dimana pada event ini terjadi slow down). 
Catatan : slow down hanya terjadi pada game yang sudah di install dengan mods, pada game original ini tidak terjadi)


TrueMotion codec :
  1. Download dan install latest K-lite codec pack
  2. Install duck.exe (TrueMotion codec)
  3. Sekarang run ffdshow video decoder configuration via Start > Programs > K-lite codec pack > Configuration > ffdshow > video decoder configuration dan disable TrueMotion handling seperti ditunjukkan pada gambar berikut :


Ini akan menyelesaikan semua permasalahan yang berkaitan dengan codec pada FFVII PC.

Instalasi Game & PatchInstalasi Game Mount FF7INSTALL.mdf dengan Daemon Tools atau sejenisnya, lalu ikuti petunjuk yang diberikan.
Jangan lupa untuk memilih MAXIMUM INSTALLATION. Ini adalah game original FFVII PC tanpa mods dan bisa langsung dimainkan.

Instalasi Patch dan Mods
1. Patch v1.02
Extract lalu replace ff7.exe dan ff7config.exe files yang ada pada directory (defaultnyaC:\Program Files\Square Soft, Inc\Final Fantasy VII) dengan patch ini.

2. Aali's custom Driver
Sebelum menginstall mod ini kita harus memiliki file ff7input.cfg dan folder bernama save(berisi save file sebanyak 10 buah) di dalam game direktori.
Cara mendapatkan keduanyaadalah dengan memainkan game hingga save pertama, dan save sebanyak 10x di slotyang berbeda, file ff7input.cfg otomatis ada pada game direktori.
Langkah lainnya :
Mainkan game hingga save pertama. Folder save otomatis akan muncul. Perbanyak savefile tsb hingga 9 buah dan rename masing-masingnya dari 01 hingga 09.

Setelah kita memiliki kedua file tsb, extract ff7_opengl-0.7.10b.rar, replace files yang adadi dalamnya ke game diretori.
Jalankan FF7Config.exe, pilih tab graphics, pada bagian renderer pilih custom driver, akanada notifikasi self test passed yang menandakan custom driver sudah bisa digunakan.

Untuk pengaturan jalankan ff7_opengl.cfg. Sebenarnya sudah diatur oleh penulis dengan pengaturan yang recommended, jadi disarankan tidak mengubah pengaturan. Kecuali mungkin untuk pengaturan resolusi monitor. Penulis menggunakan laptop denganresolusi 1280x800.
Saat menjalankan game, otomatis akan muncul speedhack, dengan ini kita bisa mengaturspeed pada game sesuai yang kita inginkan.

3. Update Cloud Battle & Field
Extract Update Cloud Battle n Field.rar
Copy & Replace world_us.lgp ke game direktori\data\wm.
Copy & Replace char.lgp ke game direktori\data\field.
Copy & Replace battle.lgp ke game direktori\data\battle.Ini akan mengganti chibi cloud saat di field dan world map dan mengganti cloud dan weaponnya yang jauh lebih bagus saat battle.

4. Avalanche High Res
Jalankan Avalanche High Res.exe.

Beberapa hal yang disarankan TIDAK diinstall :
Upgraded Spell Effects, ini memang akan memberikan efek yang jauh lebih bagusuntuk spell dan summon, namun pada beberapa spell tertentu (fire3,lighting3,earth3,dll) terdapat masalah. Dan yang paling bermasalah, ini akan membuat summon Knightof The Round tidak bisa dipakai (freeze di tengah jalan).
World Map Retexture Project, jangan centang Diamond Weapon Field Model. Ini akanmembuat slow down yang amat sangat pada saat event Diamond Weapon.
Battle Models, jangan centang Diamond Weapon. Alasannya sama dengan di atas.

Hal-hal yang bersifat optional :
Romeo 14’s Alternate Materia, Colored Item
membuat tampilan materia dan item dimenu menjadi lebih menarik.
Nero’s Alternate Avatars, avatar saat menu, termasuk di dalamnya avatar dari FFVII
Advent Children.
Barret Battle Models, sama dengan cloud, ini akan mengganti barret saat battle.
Next, dan tunggu hingga proses instalasi selesai.Ini akan membuat grafik di FFVII PC menjadi sangat jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Music Patch
Patch ini akan mengganti music midi files (music di game original FFVII PC) dengan musicmp3 remastered atau dengan music apa saja yang kita inginkan.
Extract ficedula.zip, yang kita butuhkan disini hanyalah folder mp3 berserta isinya.Pindahkan folder mp3 ini ke drive yang sama dengan game direktori, lalu rename mp3 menjadi FF7.
Extract ff7musicbundlejuly2010.zip, lalu copy file yang ada di dalamnya ke game direktori.



Sumber : http://www.scribd.com/doc/80890274/Step-by-Step-Instructions-by-Cloud3
Cara Install Dan Mod FF7 PC Cara Install Dan Mod FF7 PC Reviewed by Dian Yusuf on Oktober 09, 2012 Rating: 5

1 komentar:

Budayakan memberi MASUKAN, SARAN, SERTA KOMENTAR...
Sehingga Pengunjung dan Para Blogger bisa Saling SILATURAHMI ..
Kita SALING MENGUNTUNGKAN, karena blog ini DOFOLLOW..
^_^

Diberdayakan oleh Blogger.